Systematic Review tentang Berpikir Komputasional dengan Scratch dalam Pendidikan Selama 2018-2023

Authors

  • Bagus Surya Maulana Universitas Negeri Semarang
  • Stevanus Budi Waluya Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Computational Thinking, Education, Scratch..

Abstract

Berpikir komputasional merupakan kebutuhan yang sangat diperlukan saat ini. Kebutuhan tersebut dikarenakan perkembangan zaman dan kebutuhan saat ini. Oleh karena itu, perlu dilakukan tinjauan yang sistematis untuk mendapatkan kiat-kiat dalam meningkatkan kemampuan berpikir komputasional, khususnya dalam dunia pendidikan. Media yang relevan untuk kebutuhan tersebut adalah Scratch, sebuah media pemrograman visual untuk K-12. Tinjauan sistematis tentang berpikir komputasi dengan Scratch telah dilakukan dalam penelitian ini. Pada penelitian ini dari tahun 2018 sampai dengan 2023, pengumpulan data dilakukan dengan cara mereview atau mengkaji semua artikel tentang berpikir komputasional dengan Scratch dalam pendidikan yang dipublikasikan pada periode 2018-2023. Artikel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 4 artikel dari Crossref, 4 artikel dari Scopus, dan 2 artikel dari Google Scholar dari jurnal internasional dengan bantuan perangkat lunak Publish or Perish dan VOSViewer. Hasil dari tinjauan literatur ini menunjukkan bahwa perlu dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai cara meningkatkan kemampuan berpikir komputasional, jenjang sekolah yang diujicobakan, serta penerapannya di dunia pendidikan.

Downloads

Published

2024-02-10

Issue

Section

Articles