Implementasi STEAM pada Pembelajaran Matematika dalam Menunjang Keterampilan Abad 21

Authors

  • Nur Izzah Azzahra Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Pembelajaran Matematika, STEAM, Keterampilan Abad 21

Abstract

Pembelajaran matematika yang diterapkan masih kurang dalam menunjang kegiatan belajar pada abad 21. Tidak sedikit peserta didik yang merasa bosan dalam proses kegiatan pembelajaran matematika di kelas, pembelajaran matematika juga dianggap sebgai materi yang sulit dan membingungkan. Dalam menghadapi era globalisasi pada abad 21, penguasaan IPTEK (ilmu pengetahuan dan teknologi) menjadi suatu keharusan. Dalam bidang Pendidikan, salah satu cara Pendidikan di Indonesia suapaya dapat mengembangkan penguasaan dalam bidang IPTEK adalalah pembelajaran STEAM. Penerapan STEAM dalam pembelajaran matematika adalah sebuah penerapan ide, gagasan, dan konsep yang tergantung dalam meta disiplun ilmu dalam sebuah pembelajaran yang diharapkan mampu mengurangi rasa bosan peserta didik dalam belajar, dapat meningkatkan kemampuan bail dalam aspek kognitif, afektif dan juga psikomotor dalam menghadapi kemajuan teknologi pada abad 21 ini. Penerapan STEAM ini juga mampu mengarahkan peserta didik dalam menguasai berbagai bidang pada era sekarang dan keterampilan abad 21 (Berpikir kritis, kreatif, belajar mandiri, rasa ingin tahu, dan kolaborasi). Dalam peneilitian ini akan dibahasa bagaimana penerapan STEAM dalam pembelajaran di sekolah, khususnya dalam pembelajaran matematika.

Downloads

Published

2024-02-10

Issue

Section

Articles