Efektivitas Pengaruh Penerapan Kurikulum Merdeka dalam Meningkatkan Komunikasi Matematis Peserta Didik pada Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) dan Madrasah Aliyah Swasta (MAS)

Authors

  • Epih Purnamasari Program Doktor, Pendidikan Matematika, SPs Universitas Negeri Semarang
  • Wardono Wardono Pendidikan Matematika, FMIPA Universitas Negeri Semarang
  • Budi Waluya Pendidikan Matematika, FMIPA Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Kurikulum Merdeka, Komunikasi Matematis, Matriks.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan komunikasi matematis peserta didik di Sekolah Menengah Atas dan Madrasah Aliyah yang berbasis pesantren dengan menggunakan model pembelajaran PBL dan atau PjBL sebagai studi penelitian tindakan kelas pada fenomena yang terjadi pada kedua sekolah tersebut. Sekolah menengah atas Negeri merupakan potret dari lembaga pendidikan di bawah naungan dinas yang dilengkapi dengan infrastruktur dan sarana yang memadai serta peserta didik yang sudah terbiasa dengan media teknologi dan informasi, sedangkan Madrasarah Aliyah berbasis pesantren sebagai potret keberhasilan lembaga pendidikan di bawah naungan kementrian agama dengan segala kesederhanaan infrastruktur dan sarana serta para santri tidak terbiasa dengan media teknologi dan informasi tentu memiliki pengaruh yang berbeda dalam meningkatkan komunikasi matematis dan juga pada akhirnya meningkatkan hasil belajar pada materi matriks. Metode penelitian menggunakan Kualitatif deskriptif sebagai penjelasan dalam penemuan penelitian. Instrumen yang digunakan berupa test kemampuan, angket dan wawancara kepada responden. Responden yang ditentukan berjumlah 40 peserta didik yang terbagi menjadi dua kelas dengan rincian kelas pertama terdiri dari 20 Peserta didik di SMA Negeri dan kelas kedua terdiri dari 20 Peserta didik di Madrasah Aliyah Swasta (MAS). Langkah pengumpulan data diawali dengan membuat instrumen penelitian berupa 10 pertanyaan yang berkaitan dengan materi pembelajaran matriks serta angket dan wawancara terkait dengan materi penelitian mengenai penerapan kurikulum merdeka serta efektivitas proses pembelajaran dalam meningkatkan komunikasi matematis yang membahas model pembelajaran PBL dan atau PjBL dalam pembelajaran matematika karena model pembelajaran yang dianjurkan pada kurikulum tersebut adalah Problem Based Learning (PBL) dan Project Based Learning (PjBL). Hasil penelitian disimpulkan bahwa PBL dan PjBL memiliki pengaruh yang signifikan dalam peningkatan komunikasi matematis sehingga mampu meningkatkan hasil belajar pada peserta didik di Sekolah Negeri dan Madrasah Aliyah berbasis pesantren pada penerapan kurikulum merdeka.

Downloads

Published

2024-02-10

Issue

Section

Articles