Kajian Literatur mengenai Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project-Based Learning (PjBL) berbasis Pendekatan Saintifik terhadap Kemampuan Disposisi Matematis ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah

Authors

  • Valda Nafila Universitas Negeri Semarang
  • Amanda Fifi Yaya Mahe Universitas Negeri Semarang
  • Bambang Eko Susilo Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Model Pembelajaran Project-Based Learning, Pendekatan Saintifik, Kemampuan Disposisi Matematis, Kemampuan Pemecahan Masalah.

Abstract

Pembelajaran matematika merupakan bagian penting dalam perkembangan akademik siswa, dengan pemecahan masalah dan disposisi matematis yang menjadi komponen kunci. Penulisan artikel ini mengkaji literatur tentang pengaruh penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PjBL) melalui Pendekatan Saintifik terhadap kemampuan disposisi matematis siswa, dengan penekanan analisis pada kemampuan pemecahan masalah. Disposisi matematis mencakup sikap, keyakinan, dan minat siswa dalam memahami serta menyelesaikan masalah matematika. Hasil-hasil penelitian terkini menunjukkan bahwa penerapan PjBL dengan pendekatan saintifik mampu merangsang perkembangan disposisi matematis siswa secara positif. Siswa yang terlibat dalam pembelajaran ini cenderung lebih terampil dalam mengidentifikasi, merumuskan, dan menyelesaikan masalah matematika. Selain itu, pentingnya kemampuan pemecahan masalah dalam matematika sebagai hasil dari penerapan PjBL dan pendekatan saintifik juga ditekankan dalam kajian ini. Siswa yang terlibat dalam proses pembelajaran ini cenderung lebih mahir dalam mengidentifikasi, merumuskan, dan memecahkan masalah matematika. Selain itu, penelitian ini juga menekankan pentingnya keterampilan pemecahan masalah matematika melalui penerapan PjBL dan pendekatan saintifik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang mengikuti gaya belajar ini memiliki kemampuan pemecahan masalah yang lebih baik dibandingkan siswa yang mengikuti metode pembelajaran konvensional. Mereka mampu menghadapi tantangan matematika dengan lebih baik, menggunakan pengetahuan dan keterampilan yang mereka peroleh dalam situasi dunia nyata. Selain itu, pentingnya integrasi PjBL dan pendekatan saintifik dalam proses matematika juga ditekankan untuk merangsang kemampuan pembelajaran pemecahan masalah dan disposisi matematis yang lebih baik pada siswa.

Downloads

Published

2024-02-10

Issue

Section

Articles