Studi Literatur: Penerapan Media Pembelajaran Augmented Reality dalam Pembelajaran Matematika Guna Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa

Authors

  • Maulidia Haryani Universitas Negeri Semarang
  • Ratna Wahyuningtyas Universitas Negeri Semarang
  • Zidna Nurus Sakinah Universitas Negeri Semarang
  • Bambang Eko Susilo Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Media Pembelajaran, Augmented Reality, Pemecahan Masalah, Model Pembelajaran Project Based Learning.

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah pada pembelajaran matematika di sekolah masih belum maksimal dikarenakan media pembelajaran yang digunakan belum sesuai dengan kemampuan siswa maupun materi ajarnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan inovasi media pembelajaran Augmented Reality guna meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa dalam pembelajaran matematika. Metode penerapannya melibatkan penggunaan teknologi Augmented Reality yang memungkinkan siswa untuk melihat objek matematika dalam bentuk 3D interaktif di dunia nyata. Penelitian ini menggunakan desain studi literatur yang berkaitan dengan penerapan media pembelajaran Augmented Reality untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah siswa setelah diterapkannya Augmented Reality selama pembelajaran. Teknik pengumpulan data menggunakan studi kepustakaan terkait jurnal nasional, dan jurnal internasional sesuai dengan fokus penelitian yang diterbitkan periode tahun 2013-2023. Model pembelajaran yang digunakan pada penelitian ini yaitu Project Based Learning dengan berbantuan Media Pembelajaran Augmented Reality. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa penggunaan media pembelajaran Augmented Reality guna meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa dalam pembelajaran matematika efektif diterapkan kepada siswa untuk membantu dalam pembelajaran matematika dan mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Selain itu, tingkat motivasi dan keterlibatan siswa juga lebih tinggi dalam pembelajaran matematika.

Downloads

Published

2024-02-10

Issue

Section

Articles