Kajian Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Model Problem Based Learning dengan Math Adventure Games Berbantuan MathCityMap

Authors

  • Avika Khasma Auliyati Universitas Negeri Semarang
  • Naila Rizqia Universitas Negeri Semarang
  • Shabilla Nur Affandi Universitas Negeri Semarang
  • Bambang Eko Susilo Universitas Negeri Semarang

Keywords:

kemampuan pemecahan masalah, MathCityMap, mathematics adventure games, model problem based learning.

Abstract

Perkembangan teknologi membawa manusia memasuki era society 5.0. Era society adalah konsep yang digagas oleh Negara Jepang yang memungkinkan penggunaan ilmu pengetahuan yang berbasis modern (AI,Robot,IoT) untuk kebutuhan manusia dengan tujuan agar manusia dapat hidup dengan nyaman. Era ini mendorong untuk meningkatkan kualitas dan kemajuan proses pembelajaran dengan melalui berbagai inovasi. Pada era ini kemampuan kecakapan yang dibutuhkan adalah kecakapan yang ada pada era abad 21. Salah satunya adalah kemampuan pemecahan masalah. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk menunjang kemampuan tersebut adalah model Problem Based Learning dengan Math Adventure Games berbantuan MathCityMap karena merupakan pembelajaran matematika yang berkaitan dengan pemecahan masalah outdoor learning yang bersifat konkret dan menyenangkan. Metode penelitian ini menggunakan Systematic Literature Review dimana mengumpulkan segala informasi yang sesuai dengan topik yang akan dibahas lebih dalam. Metode ini menggunakan berbagai sumber tertulis seperti jurnal, dan sumber tertulis lainnya yang relevan. Hasil studi menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan pemecahan masalah dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian lebih lanjut yang dapat dikembangkan adalah bagaimana keterkaitan kemampuan pemecahan masalah matematika melalui model pembelajaran Problem Based Learning dengan Math Adventure Games berbantuan MathCityMap.

Downloads

Published

2024-02-10

Issue

Section

Articles