Studi Literatur: Efektivitas Model Missouri Mathematics Project dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa
Keywords:
Model pembelajaran, kemampuan pemecahan masalah matematis, Missouri Mathematics Project, keefektifan.Abstract
Upaya untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis pada siswa dapat dilakukan dengan menerapkan model pembelaran yang tepat. Salah satu model pembelaran yang dapat diterapkan adalah model Missouri Mathematics Project (MMP). Tujuan dari penelitian ini yaitu guna mengetahui keefektifan model Missouri Mathematics Project (MMP) dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis pada siswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode studi kepustakaan dengan cara mengumpulkan jurnal, prosiding, penelitian terdahulu, atau sumber lainnya yang dianggap relevan lalu mengolaborasikannya. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode dokumentasi dan teknik yang digunakan untuk analisis data yaitu teknik analisis isi. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah siswa berada pada kategori baik setelah menggunakan model Missouri Mathematics Project (MMP). Simpulan penelitian ini adalah guru dapat memanfatkan model Missouri Mathematics Project (MMP) dalam kelas. Oleh karena itu, model Missouri Mathematics Project (MMP) efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis pada siswa.