Studi Literatur: Kemampuan Berpikir Kreatif dalam Model Pembelajaran Project Based Learning dengan Bantuan Aplikasi Geogebra

Authors

  • Khoirotun Niswah
  • Timora Eksaktika Universitas Negeri Semarang
  • Lintang Risma Ramadhanti Universitas Negeri Semarang
  • Aflah Obey Mahersa Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Kemampuan Berpikir Kreatif, Project Based Learning, GeoGebra.

Abstract

Kemampuan Berpikir kreatif merupakan salah satu kompetensi keterampilan 4Cs. 4Cs adalah empat keterampilan yang telah diidentifikasi sebagai keterampilan pendidikan abad 21. Dalam mempersiapkan pendidikan abad 21 diperlukan model pembelajaran yang sesuai untuk memenuhi keterampilan abad 21, salah satu model tersebut adalah model pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Dalam Model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) diperlukan adanya kemampuan berpikir kreatif matematis. Untuk menunjang kemampuan berpikir kreatif, diperlukan suatu alat atau media, salah satunya yaitu aplikasi GeoGebra. GeoGebra merupakan suatu alat yang termasuk dalam kerangka konsep information, media, and technology skills dengan keterampilan ICTs dimana keterampilan ICTs ini sangat dibutuhkan pada pendidikan abad 21. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kemampuan berpikir kreatif dalam model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dengan bantuan GeoGebra untuk menghadapi pendidikan abad 21. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur yaitu berupa artikel ilmiah, jurnal dan sumber lain yang relevan. Hasil yang dicapai yaitu mengetahui pengaruh kemampuan berpikir kreatif dalam model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dengan bantuan GeoGebra untuk menghadapi pendidikan abad 21 berdasarkan literatur yang telah dianalisis serta keterkaitan Project Based Learning (PjBL) dengan berpikir kreatif matematis. Project Based Learning (PjBL) dengan bantuan GeoGebra merupakan suatu alternatif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif guna mempersiapkan generasi Z pada pendidikan abad 21.

Downloads

Published

2024-02-10

Issue

Section

Articles