Study Literatur Metode Pembelajaran Blended Learning dengan Pendekatan Pembelajaran Konstruktivisme dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa di Sekolah Keberbakatan Olahraga (SKO)

Authors

  • Septi Kurniawati Pendidikan Matematika, FMIPA Universitas Negeri Semarang
  • Detalia Noriza Munahefi Universitas Negeri Semarang

Keywords:

blended learning, pembelajaran konstruktivisme, problem based learning.

Abstract

Pendidikan merupakan hak setiap warga negara termasuk anak yang berfokus mengembangkan bakat-bakat tertentu. Saat ini, Pendidikan di Indonesia telah memasuki era baru yakni melakukan proses pembelajaran online atau via daring. Hal ini bisa dimanfaatkan oleh siswa yang terbatas waktu untuk bisa hadir secara langsung untuk mengikuti pembelajaran di sekolah. Seperti atlet-atlet yang tidak setiap saat bisa berada di bangku sekolah dikarenakan harus mengikuti jadwal latihan olah raga maupun jadwal pertandingan di luar kota. Tujuan studi literatur ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika siswa di Sekolah Keberbakatan Olahraga yang menggunakan model pembelajaran blended learning dengan pendekatan pembelajaran konstruktivisme. Metode studi literatur yang dipakai yakni metode Systematic Literature Review (SLR), metode ini berfokus untuk melakukan peninjauan sistematis pada analisis hasil penelitian terdahulu dengan menggunakan parameter pengaruh hasil belajar siswa terhadap penerapan metode pembelajaran. Temuan utama dari penerapan metode blended learning menunjukkan efektifitas model pembelajaran problem based learning yang sejalan dengan pendekatan pembelajaran konstruktivisme dengan dukungan bantuan berbagai e-learning mendapat hasil yang baik dan tepat dalam meningkatkan hasil belajar. Kesimpulannya metode pembelajaran blended learning dengan pendekatan pembelajaran konstruktivisme dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa di Sekolah Keberbakatan Olahraga (SKO).

Downloads

Published

2024-02-10

Issue

Section

Articles