Kajian Teori : Eksplorasi Etnomatematika pada Permainan Tradisional Layangan dengan Pendekatan Teori Konstukvisme untuk Meningkatkan Literasi Matematis Siswa

Authors

  • Ikmilul Maula An Nidhof Universitas Negeri Semarang
  • Detalia Noriza Munahefi Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Etnomatematika, Permainan Tradisional, Kontruktivisme, Literasi Matematis .

Abstract

Kegiatan pembelajaran matematika yang hanya menitik beratkan pada prosedur formal, tidak mampu mengembangkan literasi matematis siswa. Oleh karena itu, pembelajaran matematika menggunakan Pembelajaran berbasis etnomatematika dalam konteks permainan tradisional dengan pendekatan teori kontrukvisme untuk meningkatkan literasi matematis siswa jadi salah satu alternatif yang dapat dilakukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendalami konsep matematika pada permainan tradisional layangan melalui pendektan kontrukvisme untuk meningkatkan literasi matematis siswa dengan menggunakan metode penelitia studi literatur. Hasil analisis dan pembahasan menemukan beberapa unsur etnomatematika dalam proses pembuatan layangan, diantaranya garis, panjang diagonal, sudut, luas dan keliling ketika membuat sebuah layang-layang dan beberapa konsep matematika lainnya. Dengan demikian, aktivitas pembuatan layang-layang dapat dijadikan sebagai referensi dalam menyusun bahan belajar yang sesuai dengan siswa di sekolah untuk meningkatkan literasi matematis siswa.

Downloads

Published

2024-02-10

Issue

Section

Articles