Studi Literatur: Penerapan Metode Pembelajaran Diskusi Kelompok untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Siswa di Sekolah Menengah Pertama

Authors

  • Marshanda Antika Putri Universitas Negeri Semarang
  • Shafa Salsabilla Universitas Negeri Semarang
  • Syaifullah Yusuf Universitas Negeri Semarang
  • Bambang Eko Susilo Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Metode Pembelajaran, Diskusi Kelompok, Keterampilan Komunikasi.

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan berbagai pendekatan pembelajaran diskusi kelompok sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan komunikasi siswa di sekolah menengah pertama. Penelitian ini menggunakan studi literatur dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif menggunakan berbagai sumber tertulis seperti artikel, jurnal dan dokumen-dokumen yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan komunikasi siswa yang terlibat dalam metode diskusi kelompok telah meningkat secara signifikan. Mereka menunjukkan peningkatan dalam berbicara dengan jelas, mendengarkan dengan baik, dan berpartisipasi aktif dalam percakapan. Mereka juga menunjukkan peningkatan dalam kemampuan menyampaikan argumen mereka secara logis dan mendukung argumen mereka dengan bukti yang relevan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penerapan metode pembelajaran diskusi kelompok efektif dalam meningkatkan keterampilan komunikasi siswa di sekolah menengah pertama. Ini menunjukkan pentingnya mengintegrasikan metode pembelajaran yang interaktif dan berpusat pada siswa dalam upaya untuk meningkatkan komunikasi siswa. Dalam dunia yang semakin terhubung, keterampilan komunikasi yang kuat menjadi kunci keberhasilan bagi siswa di masa depan.

Downloads

Published

2024-02-10

Issue

Section

Articles