Kajian Teori: Pengembangan Buku Ajar Matematika Berbantuan MathCityMap untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Melalui Model PjBL-STEAM Berorientasi Teori Belajar Bermakna pada Kebudayaan Jawa

Authors

  • Bayu Murti Suryonegoro Universitas Negeri Semarang
  • Monica Luishanda Wuryastuti Universitas Negeri Semarang
  • Detalia Noriza Munahefi Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Buku Ajar, MathCityMap, Kemampuan Berpikir Kritis, PjBL-STEAM, Teori Belajar Bermakna, Kebudayaan Jawa .

Abstract

Matematika merupakan salah satu cabang keilmuan yang penting untuk dipelajari di berbagai jenjang pendidikan. Hal ini tentu sejalan dengan semakin pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) yang menuntut seorang peserta didik untuk mengembangkan cabang ilmu yang dipelajari dengan berbagai kemampuan tingkat tinggi salah satunya adalah kemampuan berpikir kritis. Namun, fakta di lapangan kemampuan berpikir kritis peserta didik di Indonesia masih tergolong rendah. Hal ini dapat dilihat dari hasil studi Internasional Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS). Berdasarkan hal tersebut, diperlukan pengembangan buku ajar matematika yang mampu memberikan stimulasi bagi peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Pengembangan buku ajar matematika berbantuan MathCityMap melalui model pembelajaran PjBL-STEAM yang berorientasi kepada teori belajar bermakna pada kebudayaan Jawa dapat dijadikan pilihan yang tepat dalam menunjang proses pembelajaran yang efektif dan efisien, sehingga tujuan dalam suatu pembelajaran dapat tercapai. Penerapan aplikasi pembelajaran MathCityMap dalam buku ajar melalui konteks kebudayaan Jawa, harapannya melalui pengintegrasian aplikasi pembelajaran MathCityMap dapat mengarahkan siswa untuk menyelesaikan masalah dalam dunia nyata dan meningkatkan kreatifitas, inovasi, dan kekritisan dalam berpikir. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mengemukakan ide penelitian tentang pengembangan buku ajar matematika berbantuan MathCityMap untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis melalui model PjBL-STEAM berorientasi teori belajar bermakna pada kebudayaan Jawa. Melalui pembahasan telah ditemukan bahwa antara kemampuan berpikir kritis, model pembelajaran PjBL-STEAM, buku ajar matematika berbantuan MathCityMap serta teori belajar bermakna dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik, sehingga pengembangan buku ajar matematika berbantuan MathCityMap melalui model pembelajaran PjBL-STEAM pada kebudayaan Jawa dan berorientasi pada teori belajar bermakna dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik.

Downloads

Published

2024-02-10

Issue

Section

Articles