Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar Matematika

Authors

  • Mayasari Dian Pratiwi Universitas Negeri Semarang

Keywords:

model pembelajaran, inkuiri terbimbing, hasil belajar.

Abstract

Makalah ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar matematika siswa. Data diperoleh dari penelitian sebelumnya yang meneliti tentang model pembelajaran inkuiri terbimbing, dimana guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk aktif dalam pembelajaran. Siswa berkesempatan untuk berpikir kritis, menggali masalah, menemukan jawaban, dan membangun sendiri pemahamannya. Metode yang digunakan dalam makalah ini adalah studi pustaka, dimana sumber data atau teori berasal dari bahan kepustakaan. Pembahasan dalam makalah ini adalah mendapatkan informasi tentang penggunaan model inkuiri terbimbing dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Beberapa studi pustaka menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar matematika siswa secara signifikan. Ketuntasan belajar matematika siswa menggunakan metode inkuiri terbimbing tuntas secara klasikal. Dapat ditarik kesimpulan, penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Model pembelajaran inkuiri terbimbing menjadi salah satu inovasi dalam pembelajaran matematika.

Downloads

Published

2024-02-10

Issue

Section

Articles