Studi Literatur: Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Melalui Media Video Pembelajaran Interaktif Berbasis Brain Based Learning

Authors

  • Zuhrul Waro Universitas Negeri Semarang
  • Zhafira Salsabillah Universitas Negeri Semarang
  • Angela Dewi Maharani Permata Hati Universitas Negeri Semarang
  • Bambang Eko Susilo Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Kemampuan Komunikasi Matematis, Video Pembelajaran Interaktif, Brain Based Learning.

Abstract

Siswa pada abad ke-21 memiliki tuntutan yang harus dihadapi, oleh karena itu diperlukan persiapan agar siswa siap menghadapi tuntutan pada abad ke-21 . Tuntutan siswa pada abad ke-21 tersebut adalah keterampilan 4C. Kemampuan komunikassi merupakan salah satu keterampilan 4C, sehingga komunikasi matematis sangat penting untuk dikuasai. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penggunaan video pembelajaran interaktif matematika berbasis Brain Based Learning dalam meningkatkan keterampilan komunikasi matematika pada siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur yang menggunakan data sekunder berupa artikel ilmiah, jurnal, dan sumber-sumber lain yang relevan. Adapun teknik analisis data terdiri dari tiga tahapan yaitu organize, synthesize, dan identify. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan video pembelajaran interaktif berbasis Brain Based Learning mengalami peningkatan dalam keterampilan komunikasi matematika. Siswa yang menggunakan video pembelajaran interaktif matematika lebih mampu mengartikulasikan pemahaman matematika mereka, mengajukan pertanyaan yang lebih baik, dan berpartisipasi aktif dalam diskusi kelas.

Downloads

Published

2024-02-10

Issue

Section

Articles