Kebutuhan Bahan Ajar Matematika dalam Melatih Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Geometri

Authors

  • Tohonan Kristina Butarbutar Program Doktor, Pendidikan Matematika, SPs Universitas Negeri Semarang
  • Wardono Wardono Pendidikan Matematika, FMIPA Universitas Negeri Semarang
  • Budi Waluya Pendidikan Matematika, FMIPA Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Media Pembelajaran, Berfikir Kritis, Geometri .

Abstract

Salah satu tantangan utama adalah kesulitan dalam memahami konsep geometri yang seringkali abstrak dan sulit untuk diilustrasikan dengan baik dengan menggunakan metode pengajaran konvensional. Selain itu, setiap siswa memiliki gaya belajar yang berbeda, dan pendekatan satu ukuran tidak selalu efektif untuk semua siswa. Ini menimbulkan pertanyaan tentang apakah penggunaan bahan ajar dalam pengajaran geometri dapat menjadi solusi untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan berfikir kritis siswa. Penelitian ini merupakan sebuah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengambilan sampel atau sumber data pada penelitian ini dilakukan secara puposive dan untuk ukuran sampel tersebut ditentukan secara snowball, taknik pengumpulan dengan triangulasi (gabungan). Data kebutuhan siswa pada pembelajaran Geometri diperoleh dari lembar kuesioner. Analisis data kuesioner ini menggunakan perhitungan dekriptif persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa sebagian besar siswa membutuhkan bahan ajar LKPD digital dalam memfasilitasi pembelajaran Geometri. Sebagian besar siswa juga merespon bahwa dengan LKPD digital kemampuan berfikir kritis mereka akan terlatih. Oleh karena itu pada pembelajaran geometri perlu dikembangkan LKPD digital yang dapat melatih kemampuan berfikir kritis siswa.

Downloads

Published

2024-02-10

Issue

Section

Articles