Studi Literatur: Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP Materi Geometri
Keywords:
Kemampuan penalaran matematis, geometri, pendekatan saintifik.Abstract
Artikel ini menggunakan metode studi literatur. Data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan data sekunder yang berupa hasil – hasil penelitian seperti buku, jurnal, artikel dan sumber lain yang relevan. Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan pendekatan saintifik dalam pembelajaran geometri di tingkat SMP. Pendekatan ini membantu meningkatkan penalaran matematis siswa terhadap konsep geometri dan kemampuan mereka untuk menerapkan konsep tersebut dalam berbagai konteks yang relevan. Artikel ini juga akan menjelaskan berbagai strategi pengajaran yang dapat digunakan, seperti penggunaan permainan matematika, diskusi kelompok, dan aktivitas berbasis proyek yang dapat meningkatkan partisipasi siswa dan membantu mereka merasakan kegembiraan dalam belajar matematika. Hasil dari pendekatan saintifik ini diharapkan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam memahami dan menguasai geometri di tingkat SMP.