Studi Literatur: Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis pada Materi Aritmatika Sosial SMP

Authors

  • Nadiva Dewi Azzahra Universitas Negeri Semarang
  • Adzkia Rahmatina Universitas Negeri Semarang
  • Nabila Nur Kusumandharu Putri Universitas Negeri Semarang
  • Asmaul Kusna Universitas Negeri Semarang
  • Bambang Eko Susilo Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Aritmatika Sosial, Kemampuan Komunikasi Matematis, Model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw.

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki siswa. Namun, hasil studi yang dilakukan oleh Programme for International Student Assessment (PISA) pada tahun 2018 menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa Indonesia masih rendah. Oleh karena itu diperlukan solusi dan inovasi dalam pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan komunikasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data studi pustaka. Pada penelitian ini penulis menggunakan berbagai sumber tertulis seperti artikel, jurnal, buku, dan dokumen-dokumen yang relevan dengan kajian dalam penelitian yang penulis lakukan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terdapat pengaruh dan mengalami peningkatan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw sangat efektif terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi aritmatika sosial SMP.

Downloads

Published

2024-02-10

Issue

Section

Articles