Media Pembelajaran Matematika Dalam Permainan Sudoku: Systematic Literature Review

Authors

  • Tansya Tansya Universitas Negeri Semarang
  • Najlaa Arya Utami Universitas Negeri Semarang
  • Elisa BR Nababan Universitas Negeri Semarang
  • Bambang Eko Susilo Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Metode Permainan, Sudoku, Pembelajaran Matematika, Systematic Literature Review, Problem Based Learning.

Abstract

Permainan sudoku merupakan permainan zaman dahulu berupa teka-teki yang dimainkan menggunakan logika. Permainan sudoku sangat menyenangkan dan menarik minat peserta didik dalam proses pembelajaran di kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan kajian literatur mengenai penggunaan media permainan sudoku pada pembelajaran matematika. Metode penelitian ini merupakan metode SLR (Systematic Literature Review) dan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning). Pengumpulan data dilakukan dengan cara mendokumentasikan dan mereview semua artikel yang terkait dengan penggunaan media permainan sudoku pada pembelajaran matematika yang diterbitkan dalam kurun waktu 2013-2023. Artikel yang digunakan berjumlah (lima) 5. Artikel tersebut di unduh melalui Google Scholar yang kemudian dikelompokkan dan dianalisis. Hasil penelitian merupakan pembahasan mengenai temuan yang tersaji dalam artikel. Hasil penelitian ini menunjukkan beberapa hasil temuan yaitu: (1) Penggunaan media permainan sudoku dalam proses pembelajaran dapat berpengaruh dalam keefektifan dalam meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik, (2) Penerapan media permainan sudoku efektif dan memiliki dampak positif bagi peserta didik terhadap kekreatifan perencanaan peningkatan pembelajaran matematika, (3) penggunaan media permainan sudoku dalam pembelajaran dan berbagai model pembelajaran yang diterapkan terbukti meningkatkan kemampuan proses belajar matematika peserta didik, (4) penerapan media permainan sudoku dapat memecahkan masalah yang dihadapi peserta didik dengan berbagai implementasi matematika yang mereka cermati.

Downloads

Published

2024-02-10

Issue

Section

Articles