ETNOMATEMATIKA SEBAGAI MASALAH KONTEKSTUAL DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA

Authors

  • Larasati Tiara Medyasari Universitas Negeri Semarang
  • Wardono Wardono Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Etnomatematika, Masalah Kontekstual, Kemampuan Berpikir Kreatif.

Abstract

Budaya dan pendidikan tidak dapat dipisahkan karena budaya merupakan kesatuan utuh yang berlaku dan pendidikan merupakan kebutuhan mendasar dalam masyarakat. Pesatnya perkembangan sains dan teknologi menuntut sumber daya manusia yang responsif terhadap segala perubahan permasalahan. Matematika adalah ilmu penting yang memegang peran dalam penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi, dan kehidupan seharihari. Berpikir kreatif merupakan kemampuan penting dalam pembelajaran matematika yang dicangkan pada kurikulum 2013. Kurikulum juga harus memberi peluang sesuai dengan karakteristik daerahnya. Hal ini memunculkan suatu praktik yang disebut etnomatematika. Matematika merupakan suatu bentuk budaya yang telah terintegrasi dalam seluruh aspek kehidupan masyarakat. Etnomatematika menjembatani antara budaya dan pendidikan matematika, dimana menyediakan lingkungan pembelajaran yang lebih menyenangkan sehingga siswa mempunyai motivasi besar dalam belajar matematika yang diharapkan dapat mempengaruhi kemampuan matematika siswa khususnya kemampuan kreatif matematis.

Downloads

Published

2024-02-10

Issue

Section

Articles