Inovasi Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Pendekatan Etnomatematika pada Motif Kain Troso sebagai Project Kearifan Lokal

Authors

  • Silky Achilla Jurusan Matematika FMIPA, Universitas Negeri Semarang

Keywords:

inovasi pembelajaran matematika, etnomatematika, kurikulum matematika, motif kain troso, kearifan lokal, pendidikan matematika.

Abstract

Pembelajaran matematika adalah salah satu pembelajaran yang cara belajarnya lebih dominan kedalam menghitung serta merupakan salah satu dari bagian pendidikan yang memerlukan pendekatan kreatif untuk meningkatkan pemahaman siswa. Salah satu pendekatan yang menarik adalah penerapan etnomatematika, yang menggabungkan budaya lokal dengan matematika dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan inovasi pembelajaran matematika yang memanfaatkan etnomtematika dengan menggunakan motif kain troso. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan studi pustaka yang berfokus pada motif kain troso. Hasil eksplorasi etnomatematika ditemukan berupa geometri dua dimensi yakni segitiga, persegi, lingkaran dan ditemukannya juga kesebangunan pada motif tari betawi, motif baron dan motif endek. Hasil penelitian menggambrkan bentuk matematika yang kontekstual berbasis budaya yang ada di Jepara.

Downloads

Published

2024-02-10

Issue

Section

Articles