Kajian Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau dari Adversity Quotient dengan Model Problem Based Learning Berdiferensiasi Berbantuan Aplikasi Android Bernuansa Etnomatematika

Authors

  • Anfa’ Azmi Rahman Universitas Negeri Semarang
  • Detalia Noriza Munahefi Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Kemampuan pemecahan masalah, adversity quotient, aplikasi android, etnomatematika, problem based learning berdiferensiasi.

Abstract

Tuntutan pada abad ke-21 menjadikan pendidikan perlu menyiapkan lulusan yang berkualitas dan berkembang sesuai dengan zaman. Kemampuan pemecahan masalah menjadi salah satu keterampilan 4C yang menjadi tuntutan bagi lulusan di abad ke-21. Kemampuan pemecahan masalah siswa masih dikatakan rendah. Salah satu faktor yang menyebabkan rendahnya kemampuan pemecahan masalah yaitu Adversity Quotient. Diperlukan pembelajaran yang berinovasi sehingga mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah serta mengembangkan Adversity Quotient siswa. Salah satu inovasi yang dapat diterapkan yaitu dengan model pembelajaran PBL berdiferensiasi berbantuan aplikasi android bernuansa etnomatematika karena merupakan pembelajaran matematika yang bisa dikaitkan dengan pemecahan masalah yang berkaitan dengan budaya pada kehidupan sehari-hari. Metode penelitian yang digunakan adalah Systematic Literature Review dimana mengumpulkan informasi sesuai dengan topik yang dikaji. Metode ini digunakan sebelum melakukan penelitian empiris dengan menggunakan berbagai sumber tertulis seperti artikel, jurnal, dan dokumen yang sesuai. Hasil studi menunjukkan bahwa model PBL berdiferensiasi mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan mengembangkan Adversity Quotient siswa. Penelitian selanjutnya yang menarik untuk dikembangkan adalah bagaimana kemampuan pemecahan masalah siswa ditinjau dari Adversity Quotient dengan model Problem Based Learning berdiferensiasi berbantuan aplikasi android bernuansa etnomatematika.

Downloads

Published

2024-02-10

Issue

Section

Articles