Pengaruh Digitalisasi Perangkat Sekolah terhadap Metode Pembelajaran Berbasis Proyek Menggunakan Teori Belajar Konstruktivisme

Authors

  • Arsanda Nur Amalina Universitas Negeri Semarang
  • Fadillah Nur Afina Universitas Negeri Semarang
  • Bambang Eko Susilo Universitas Negeri Semarang

Keywords:

digitalisasi perangkat sekolah, pembelajaran berbasis proyek, konstruktivisme.

Abstract

Proses digitalisasi yang hampir mempengaruhi semua bidang menjadi salah satu faktor perkembangan cara mengajar dan belajar siswa di sekolah. Proses digitalisasi perangkat sekolah merupakan salah satu contoh digitalisasi di bidang pendidikan. Dalam proses belajar dan mengajar atau biasa disebut pembelajaran, ada yang dikenal dengan metode pembelajaran, yaitu suatu cara pengimplementasian suatu rencana yang telah disusun sebelumnya ke dalam pengaktualisasian kegiatan praktis untuk tujuan pembelajaran tertentu. Salah satu contoh metode pembelajaran yang memerlukan pengalaman diri, yaitu Metode Pembelajaran Berbasis Proyek. Dengan metode ini, siswa dituntut untuk menemukan suatu gagasan atau konsep, maupun menyelesaikan suatu permasalahan. Metode pembelajaran ini juga erat kaitannya dengan teori belajar konstruktivisme, dimana siswa akan dapat menginterpretasikan informasi ke dalam pikirannya melalui pengalamannya.Studi ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh digitalisasi perangkat sekolah terhadap metode pembelajaran dengan teori konstruktivisme. Penelitian yang digunakan adalah kajian literatur melalui artikel, jurnal dan beberapa sumber lainnya yang berkaitan dari lima tahun ke belakang. Hasil studi menunjukkan bahwa digitalisasi perangkat sekolah dapat mengoptimalkan penggunaan platform dan media digital sebagai sarana pembelajaran berbasis proyek berdasarkan teori konstruktivisme. Maka dapat disimpulkan digitalisasi perangkat sekolah berpengaruh terhadap perkembangan siswa untuk metode pembelajaran berbasis proyek menggunakan teori belajar konstruktivisme.

Downloads

Published

2024-02-10

Issue

Section

Articles