Exploring Math: Meningkatkan Literasi Matematika melalui Inkuiri

Authors

  • Vera Dewi Susanti Susanti Pendidikan Mathematika, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang
  • YL Sukestiyarno Pendidikan Mathematika, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang
  • Iqbal Kharisudin Pendidikan Mathematika, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang
  • Arief Agoestanto Arief Agoestanto Pendidikan Mathematika, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang

Abstract

Penelitian ini membahas bagaimana pendekatan inkuiri dapat digunakan untuk meningkatkan literasi matematika pada siswa. Literasi matematika merupakan kemampuan individu untuk memahami, menerapkan, dan berkomunikasi menggunakan bahasa matematika dalam berbagai konteks. Inkuiri, sebagai pendekatan pembelajaran yang mendorong eksplorasi, pemecahan masalah, dan pemikiran kritis, telah terbukti efektif dalam memperkuat pemahaman matematika. Studi ini mencakup tinjauan terhadap konsep literasi matematika dan pengertian inkuiri dalam konteks pembelajaran matematika. Kami menjelaskan bagaimana pendekatan inkuiri dapat mempromosikan pemahaman matematika yang lebih mendalam dan menggairahkan minat siswa terhadap subjek ini. Selain itu, kami mengevaluasi hasil penelitian terbaru yang menunjukkan dampak positif inkuiri pada peningkatan literasi matematika pada berbagai tingkat pendidikan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan inkuiri dalam pembelajaran matematika dapat membantu siswa mengembangkan keterampilan pemecahan masalah, pemikiran kritis, dan komunikasi matematika. Selain itu, inkuiri juga dapat memberikan konteks yang lebih nyata dan relevan dalam belajar matematika, sehingga meningkatkan motivasi dan minat siswa

Downloads

Published

2024-02-10

Issue

Section

Articles