Implementasi Model Challenge Based Learning Terintegrasi STEAM Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa

Authors

  • Vika Rahayu Wardani Universitas Negeri Semarang
  • Nuriana Rachmani Dewi Universitas Negeri Semarang
  • Stevanus Budi Waluya Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Challenge Based Learning, CBL, Representasi Matematis, Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematic, STEAM.

Abstract

Dunia pendidikan saat ini harus mulai dikembangkan baik dari proses pembelajaran, skill, dan pengetahuan siswa supaya generasi selanjutnya tidak tertinggal. Penelitian bertujuan untuk mengkaji penelitian sebelumnya mengenai bagaimana pengaruh pembelajaran model Challenge based Learning terintegrasi STEAM terhadap kemampuan representasi matematis siswa. Metode Systematic Literature Review digunakan dalam penelitian ini untuk menganalisis hasil penelitian nasional dan internasional sebelumnya yang mengkaji inovasi-inovasi pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa. Salah satu inovasi yang diperoleh dari analisis penelitian terdahulu adalah penggunaan model Challenge Based Learning terintegrasi STEAM yang dapat meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa. Model Challenge Based Learning terintegrasi STEAM membantu siswa untuk berinovasi dan berpikir lebih jauh dalam merepresentasikan sebuah permasalahan matematika menjadi permasalahan nyata atau kontekstual, serta memberikan kesan menarik dan tidak membosankan sehingga siswa akan lebih bersemangat dan memengaruhi kemampuan representasi matematis siswa. Maka, penggunaan model Challenge based Learning terintegrasi STEAM dapat membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa. Selanjutnya, model pembelajaran ini dapat dikembangkan menjadi sebuah bahan ajar yang akan memudahkan siswa untuk belajar dan meningkatkan kemampuan representasi matematis.

Downloads

Published

2024-02-10

Issue

Section

Articles