Pengukuran Hasil Belajar Matematika dalam Pembelajaran Berbasis Proyek pada Siswa Sekolah Menengah Pertama: Sebuah Studi Literatur

Authors

  • Rahmawati Rahmawati Sekolah Pascasarjana, FMIPA, Universitas Negeri Semarang
  • Wardono Wardono Sekolah Pascasarjana, FMIPA, Universitas Negeri Semarang
  • Adi Nur Cahyono Sekolah Pascasarjana, FMIPA, Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Hasil Belajar Matematika, Pengukuran.

Abstract

Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) dipahami sebagai model yang berpotensi meningkatkan pembelajaran siswa di Sekolah Menengah Pertama (SMP). Studi empiris tentang PjBL telah ditinjau dengan fokus pada pengukuran hasil belajar matematika. Hasil belajar kognitif seperti keterampilan akademik, prestasi belajar, kecakapan matematika, hasil belajar, penalaran, komunikasi matematis, dan memecahkan masalah diukur menggunakan tes, survey, observasi, wawancara, dan kajian dokumen. Hasil belajar afektif, seperti motivasi, persepsi, sikap, dan respon diukur menggunakan survey dan angket, Hasil belajar psikomotorik terdiri dari aktivitas siswa dan lingkungan belajar diukur melalui observasi. Artefak proyek berupa presentasi, desain dan model DESTINE, Library VISION, dan fire Rescue, model lintasan ski dan menara PISA, presentasi, Power Point (PPT), poster dan menu makanan. Penelitian lebih lanjut memungkinkan pada kompleksitas dalam penilaian Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL).

Downloads

Published

2024-02-10

Issue

Section

Articles