Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Polinomial Berdasarkan Teori Kastolan

Authors

  • Susilawati Susilawati Universitas Negeri Semarang
  • Wardono Wardono Universitas Negeri Semarang
  • Budi Waluya Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Kastolan, Polinomial, Kesalahan,Prosedural, Konseptual, Teknis .

Abstract

Polinomial merupakan salah satu materi matematika yang diajarkan di sekolah. Namun kebanyakan siswa masih melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal materi polinomial. Oleh karena itu perlu dilakukan analisis kesalahan yang dilakukan siswa dalam mengerjakan soal polinomial untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal polinomial. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes dan wawancara. Subjek penelitian terdiri dari 35 siswa kelas XI SMA Negeri 1 Dukupuntang tahun ajaran 2023/2024. Analisis kesalahan siswa dilihat berdasarkan teori Kastolan yang terdiri dari kesalahan konseptual, kesalahan prosedural, dan kesalahan teknik. Hasil analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal polinomial menunjukkan bahwa siswa melakukan kesalahan konseptual sebesar 41,43% termasuk dalam kategori kesalahan berat, kesalahan prosedural sebanyak19,28% termasuk dalam kategori kesalahan ringan , dan kesalahan teknik sebesar 32,14% termasuk dalam kategori kesalahan cukup berat.

Downloads

Published

2024-02-10

Issue

Section

Articles