Penurunan Kecemasan Matematika Melalui Model Pembelajaran: Systematic Literature Review

Authors

  • Drajat Stiawan Universitas Negeri Semarang
  • Wardono Wardono Universitas Negeri Semarang
  • Budi Waluya Universitas Negeri Semarang
  • Ardhi Prabowo Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Kecemasan Matematika, Model Pembelajaran.

Abstract

Kecemasan matematika merupakan suatu keadaan atau situasi dimana siswa mengalami perasaan yang tidak nyaman, merasa takut dan cemas ketika berhubungan dengan pelajaran matematika. Kecemasan matematika telah menjadi salah satu hambatan utama dalam pencapaian kompetensi matematika siswa di berbagai tingkatan pendidikan. Oleh karena itu, Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi model-model pembelajaran yang efektif dalam mengurangi kecemasan matematika. Penelitian ini menggunakan metode SLR (Systematic Literature Review). Pengumpulan data dilakukan dengan melaui penelusuran artikel jurnal pada data base scopus dan google scholar. Hasil penelitian ini ditemukan model-model pembelajaran yang efektif untuk menurunkan kecemasan matematika yakni model pembelajaran inquiry, discovery learning, bermain peran, discovery learning, Model Konseling Behavioral, Brain Based Learning, dan Model pembelajaran Fan-N-Pick.

Downloads

Published

2024-02-10

Issue

Section

Articles