SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW : KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA DITINJAU DARI DISPOSISI MATEMATIS SISWA DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING

Authors

  • Muhammad Rifa Udin Universitas Negeri Semarang
  • Sugiman Sugiman Universitas Negeri Semarang
  • Detalia Noriza Munahefi Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Pemecahan Masalah, Disposisi matematis, Problem Based Learning.

Abstract

Tujuan dari penulisan artikel ini adalah untuk memaparkan kaitan antara model pembelajaran Problem Based learning (PBL) dalam pembelajaran matematika dengan kemampuan pemecahan masalah siswa ditinjau dari disposisi matematis siswa. Metode yang digunakan dalam kajian ini yaitu Studi literature.Studi literatur yang dilakukan yaitu dengan melakukan pencarian terhadap berbagai sumber tertulis, baik berupa buku-buku, arsip, majalah, artikel, dan jurnal, atau dokumen-dokumen yang relevan dengan permasalahan yang dikaji. dengan menggunakan 10 artikel yang telah memenuhi kriteria inklusi yaitu dengan subjek penelitian siswa SMP - SMA, memenuhi sinta 1-4 dan pada tahun 2013-2023. Artikel tersebut dicari menggunakan database jurnal nasional dan internasional yaitu Google Scholar, Garuda, Researchgate, Scopus dan Science Direct. Hasil temuan diperoleh bahwa kemampuan siswa SMP dalam memecahkan masalah meningkat setelah menggunakan model pembelajaran problem based learning ditnjau dari disposisi matematis. Untuk penelitian selanjutnya, dapat mengupas lebih luas penggunaan model PBL dan pengaruhnya dalam problem solving di berbagai tingkat satuan pendidikan.

Downloads

Published

2024-02-10

Issue

Section

Articles