PEMBERDAYAAN POTENSI GURU SMKN 1 KARIMUNJAWA DALAM PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MELALUI PEMBUATAN PTK DAN LUARANNYA

Authors

  • Emi Pujiastuti Jurusan Matematika FMIPA, Universitas Negeri Semarang
  • Sugiman Sugiman Jurusan Matematika FMIPA, Universitas Negeri Semarang
  • Fajar Syafaatullah Jurusan Matematika FMIPA, Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Guru SMK, PTK, Artikel, Karimunjawa.

Abstract

Guru di daerah yang jauh dari perkotaan, perlu ditingkatkan kemampuannya dalam proses pembelajarannya. Salah satunya di SMKN 1 Karimunjawa. Tujuannya: (1) Meningkatkan kualitas pembelajaran melalui pembuatan PTK dan luarannya. (2) Mengungkap kualitas pembelajaran melalui pembuatan PTK dan luarannya. Solusi untuk mencapai tujuan penelitian: (1) Perlu dikenalkan kepada para guru tentang peningkatan kualitas pembelajaran melalui pembuatan PTK. (2) Perlu diungkap keterampilan guru SMKN 1 Karimunjawa dalam meningkatkan kualitas pembelajaran melalui pembuatan luaran PTK yang berbasis pada praktik pembelajaran di kelas. Metodenya melalui Mixed Method, yakni pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Hasilnya: Evaluasi kepada peserta dilakukan melalui 2 tahap, yaitu tes tertulis dan penugasan. Selanjutnya kedua skor diambil rata-ratanya. (1) Tes tertulis digunakan untuk mengungkap pemahaman guru terhadap model-model pembelajaran dan PTK, penugasan berupa penulisan Artikel. Hasil akhir tes yang diperoleh guru, rata-rata kelas adalah 83,73 (2) Wawancara pada 6 guru, atas produk guru secara individual. Berdasarkan hasil analisis kualitatif, rata-rata 83,73 ini termasuk kategori baik ditinjau dari kualitas pembelajarannya karena sudah di atas ketuntasan individual, yakni 75 dari skor maksimal 100.

Downloads

Published

2024-02-10

Issue

Section

Articles