Pengembangan E-LKPD Berbasis Website Bernuansa Etnomatematika Lentog Tanjung Guna Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas VII dalam Mendukung SDGs 2030

Authors

  • Muhammad Andi Nugroho Universitas Negeri Semarang
  • Syahrul Wafa Hilalunnaja Universitas Negeri Semarang
  • Monica Luishanda Wuryastuti Universitas Negeri Semarang
  • Adi Satrio Ardiansyah Universitas Negeri Semarang

Keywords:

e-LKPD, Etnomatematika, Literasi Matematika, Website.

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin berkembang pesat di abad ke-21 dan era society 5.0 saat ini, yang berdampak terhadap berbagai aspek kehidupan, termasuk pendidikan. Abad ke-21 memberikan dampak besar dalam bidang pendidikan yang harus mampu menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki keterampilan abad ke-21. Salah satu keterampilan yang dibutuhkan pada abad ke-21 adalah kemampuan literasi, termasuk literasi matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan elektronik lembar kerja peserta didik (e-LKPD) berbasis website bernuansa etnomatematika lentog tanjung guna meningkatkan kemampuan literasi matematika. Untuk mengembangkan produk, dilakukan penelitian dan pengembangan dengan model ADDIE yang dimodifikasi menjadi tahapan Analysis, Design, & Development karena keterbatasan waktu. Data dalam penelitian diperoleh melalui angket validasi kelayakan, dan respon siswa serta latihan soal guna mengukur literasi matematika. Data dianalisis secara deskriptif untuk memperoleh hasil validasi. Hasil menunjukkan bahwa e-LKPD ini layak dan memperoleh respon positif siswa, serta dapat membantu meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa. Kemampuan literasi adalah salah satu kunci untuk mencapai pendidikan berkualitas di Indonesia. Dengan demikian, pengembangan e-LKPD ini dapat mendukung tujuan Sustainable Development Goals (SDGs) melalui peningkatan kemampuan literasi matematika siswa.

Downloads

Published

2024-02-10

Issue

Section

Articles