Pengaruh Pembelajaran Berbasis Budaya Akademik Terhadap Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematika

Authors

  • M. Taufik Qurohman Universitas Negeri Semarang
  • Zaenuri Zaenuri Universitas Negeri Semarang
  • Mulyono Mulyono Universitas Negeri Semarang
  • Wardono Wardono Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Budaya Akademik, Kemandirian, Komunikasi Matematika.

Abstract

Riset yang dilakukan merupakan jenis eksperimen yang memiliki populasi Siswa SMA Negeri 1 Comal, dengan mengambil sampel kelas XI IPS 2 Dan XIIPS 3 Tahun Pelajaran 2022/2023 Semester Genap, riset yang dilakukan mempunyai indikator tujuan yaitu meningkatkan kemampuan komunikasi Matematika dengan parameter budaya akademik yang ada disekolah dimana budaya akademik tersebut ditinjau dari kemandirian Siswa. Dengan populasi yang telah ditentukan kemudian dipilih sampel dengan memakai cluster random sampling, yakni dengan dengan menemukan kelas eksperimen dan kontrol. Riset ini memiliki variabel yaitu kemampuan komunikasi Matematika dan budaya akademik. Proses pengambilan data memakai metode angket, tes dan dokumentasi. Pengolahan data menggunakan Anava 2 arah dengan interaksi faktorial dengan dengan desain 2x2 dan memakai uji benferoni sebagai uji penentunya. Dari riset ini diperoleh kesimpulan bahwa peserta didik memperoleh perlakuan yang berbeda yaitu indikator budaya akademik sebagai proses pembelajaran dan mempunyai tingkatan kemampuan komunikasi Matematika lebih tinggi dari pada peserta didik yang memperoleh perlakuan proses pembelajaran dengan metode konvensional, pada peserta didik yang mempunyai kemandirian tinggi mempunyai tingkatan kemampuan komunikasi matematika yang lebih baik dari pada peserta didik dengan kemandirian rendah, sehingga ada pengaruh antara pembelajaran berbasis budaya akademik dan kemandirian pada kemampuan komunikasi Matematika Siswa. Serta kombinasi interaksi, siswa yang memiliki kemandirian tinggi kemudian mendapatkan pembelajaran berbasis budaya akademik memiliki kemampuan komunikasi paling tinggi Ketika dibandingkan dengan tipe interaksi lainnya pada riset ini.

Downloads

Published

2024-02-10

Issue

Section

Articles