Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa SMP ditinjau dari Self Regulated Learning

Authors

  • Zainnur Wijayanto Universitas Negeri Semarang; Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Wardono Wardono Universitas Negeri Semarang
  • YL Sukestiyarno Universitas Negeri Semarang
  • Pardimin Pardimin Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Elfrida Yani Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Keywords:

Literasi, Matematika, Self-regulated learning.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) self-regulated learning siswa SMP, (2) kemampuan literasi matematika siswa SMP pada materi operasi bilangan bulat, dan (3) kemampuan literasi matematika siswa SMP pada materi operasi bilangan bulat jika ditinjau dari self-regulated learning. Penelitian ini ialah penelitian kuallitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Taman Dewasa Jetis Yogyakarta. Pengambilan subjek menggunakan purposive sampling dari nilai hasil angket sebanyak 6 subjek yaitu 2 subjek dengan self-regulated learning tinggi, 2 subjek dengan self-regulated learning sedang, dan 2 subjek dengan selfregulated learning rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan tes uraian, angket, dan wawancara. Hasil dari penelitian ini yaitu: (1) Self-regulated learning siswa kelas VII yaitu siswa dengan self-regulated learning tinggi berjumlah 3 orang, siswa dengan self-regulated learning sedang berjumlah 20 orang, dan siswa selfregulated learning rendah berjumlah 2 orang, (2) Kemampuan literasi matematika siswa kelas VII 2 di SMP yaitu siswa dengan kemampuan literasi matematika tinggi berjumlah 6 orang, kemampuan literasi matematika sedang berjumlah 12 orang, dan siswa dengan kemampuan literasi matematika rendah berjumlah 7 orang, dan (3) Self-regulated learning memiliki peran penting dalam kemampuan literasi matematika siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil SRL dan KLM siswa, dimana siswa dengan self-regulated learning yang tinggi dan kemampuan literasi matematika tinggi memenuhi empat dari lima indikator kemampuan literasi matematika dan siswa dengan self-regulated learning tinggi dan kemampuan literasi matematika sedang memenuhi empat indikator kemampuan literasi.

Downloads

Published

2024-02-10

Issue

Section

Articles