Kajian Teori : Pengaruh Model Pembelajaran STAD Berbantuan Alat Peraga Manipulatif terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa

Authors

  • Iqbal Rafif Widiyatmoko Jurusan Matematika FMIPA, Universitas Negeri Semarang
  • Walid Walid Jurusan Matematika FMIPA, Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Student Teams-Achievement Divisions (STAD), Alat Peraga Manipulatif, Pemahaman Konsep Matematika, Gaya Kognitif.

Abstract

Matematika menjadi salah satu pelajaran yang kurang diminati oleh siswa sehingga pemahaman konsep siswa cenderung masih rendah sehingga diperlukan inovasi pembelajaran atau penggunaan model pembelajaran yang mampu menarik minat siswa dan mengaktifkan siswa ketika proses pembelajaran berlangsung. Model STAD adalah salah satu jenis model pembelajaran kooperatif yang menekankan prestasi tim dihitung dari total skor kemajuan individual siswa, dimana siswa dikelompokkan menjadi dua yaitu siswa dengan gaya kognitif field dependent dan field independet. Penerapan model STAD akan memberikan dampak yang lebih besar terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa dengan bantuan alat peraga manipulatif karena karakteristik matematika yang abstrak, sedangkan siswa adakalanya masih dalam tahapan berpikir operasional konkrit. Tujuan penelitian ini untuk memaparkan kajian bagaimana kemampuan pemahaman konsep matematika ditinjau dari gaya kognitif siswa berbantuan alat peraga manipulatif. Penelitian ini menggunakan studi literatur dengan mengumpulkan sumber berupa artikel, jurnal, dan dokumen lain yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran STAD dengan bantuan alat peraga manipulatif dapat menciptakan proses belajar di kelas yang menyenangkan dan mampu meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika. Selain itu terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep berdasarkan gaya kognitif field independen dan field dependent dengan penerapan model pembelajaran STAD dengan bantuan alat peraga manipulatif.

Downloads

Published

2024-02-10

Issue

Section

Articles