Studi Literatur: Efektivitas Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis terhadap Pembelajaran Matematika

Authors

  • Saravina Putri Ramadhani Universitas Negeri Semarang
  • Firda Maya Pratiwi Universitas Negeri Semarang
  • Zefi Hanatul Fajriah Universitas Negeri Semarang
  • Bambang Eko Susilo Universitas Negeri Semarang

Keywords:

PBL, kemampuan pemecahan masalah matematis, pembelajaran matematika.

Abstract

Pembelajaran matematika tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung peserta didik, tetapi juga untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Pemecahan masalah bukanlah mata pelajaran terpisah namun suatu proses yang mencakup seluruh kurikulum dan menyediakan konteks dimana konsep dan keterampilan dapat dipelajari. Banyak peserta didik yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal matematika, terutama menyelesaikan soal bentuk cerita. Peserta didik kesulitan mengungkapkan kalimat soal dalam bentuk matematika, hal ini menyebabkan peserta didik kesulitan menyelesaikan soal sehingga menyebabkan kemampuan pemecahan masalah mereka menjadi lemah. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pemecahan masalah adalah dengan menerapkan model Problem Based Learning. Tujuan dari artikel untuk memaparkan keefektivitasan model Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah terhadap pembelajaran matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah metode studi literatur untuk artikel yang diterbitkan pada tahun 2017-2023 tentang model Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis terhadap pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan sebanyak 10 jurnal nasional yang berasal dari google scholar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Problem Based Learning efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis terhadap pembelajaran matematika.

Downloads

Published

2024-02-10

Issue

Section

Articles