Systematic Literature Review : Teori Belajar Konstruktivisme pada Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa

Authors

  • Widaswara Agustin Hanisyah Universitas Negeri Semarang
  • Detalia Noriza Munahefi Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Kemampuan Komunikasi Matematis, Systematic Literature Review, Teori Belajar Konstruktivisme.

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis adalah kemampuan yang sangat penting untuk dimiliki seorang siswa untuk menghadap berbagai tantangan kehidupan abad 21 dan merupakan kemampuan abad 21 yang wajib dimiliki oleh siswa. Kemampuan ini melatih siswa untuk memahami informasi dan masalah yang ditemuinya untuk dapat menemukan solusi permasalahan tersebut. Tujuan dari penelitian ini untuk dapat menggali lebih jauh bagaimana peran teori belajar konstruktivisme sebagai dasar memahami dan mengembangkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR). Artikel yang digunakan pada penelitian ini merupakan artikel jurnal yang diperoleh dari Google Schoolar dalam kurun waktu 2018-2023. Hasil dari analisis data yang telah dilakukan bahwa dalam proses pembelajaran, teori belajar konstruktivisme digunakan sebagai dasar atau landasan untuk mengembangkan strategi pembelajaran yang sesuai untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa melalui pembelajaran di sekolah.

Downloads

Published

2024-02-10

Issue

Section

Articles