Systematic Literature Review: Penggunaan Aplikasi Math City Map terhadap Kemampuan Berpikir Kritis

Authors

  • Zahra Khusnul Cahyani Universitas Negeri Semarang
  • Adi Nur Cahyono Universitas Negeri Semarang
  • Budi Waluya Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Kemampuan Berpikir Kritis, Math City Map, Systematic Literature Review.

Abstract

C:/Users/Acer/OPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan aplikasi Math City Map terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Metode penelitian dalam artikel ini adalah Systematic Literature Review yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu merumuskan pertanyaan penelitian, pencarian literatur, menentukan kriteria inklusi dan eksklusi, menyajikan data, mengolah data, dan membuat kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi Math City Map dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Aplikasi Math City Map merupakan aplikasi Android berbasis GPS yang dapat diakses kapanpun dan dimanapun. Aplikasi ini menyajikan permasalahan yang ada di lingkungan sekitar, seperti mengidentifikasi bentuk bangunan dan objek-objek matematika. Aplikasi Math City Map memungkinkan siswa menyelesaikan permasalahan matematika secara berkelompok. Terdapat interaksi antar individu siswa dalam satu kelompok mengenai penyusunan strategi penyelesaian masalah matematika dengan menghubungkan konsep-konsep matematika untuk menyelesaikan permasalahan pada aplikasi Math City Map. Dengan diskusi kelompok secara aktif menggunakan aplikasi Math City Map, dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.

Downloads

Published

2024-02-11

Issue

Section

Articles