Studi Literatur Pengaruh Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Materi Geometri SMA Kelas XII

Authors

  • Hikmah Risfi Faizza Pendidikan Matematika, FMIPA Universitas Negeri Semarang
  • Shilvia Izza Nihaya Pendidikan Matematika, FMIPA Universitas Negeri Semarang
  • Muhammad Iqbal Muhshinin Pendidikan Matematika, FMIPA Universitas Negeri Semarang
  • Iin Uji Cahyanti Matematika, Universitas Jenderal Soedirman
  • Bambang Eko Susilo Pendidikan Matematika, FMIPA Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Geometri, Hasil Belajar, Project Based Learning.

Abstract

Materi geometri di tingkat SMA khususnya kelas XII memiliki peran yang penting. Seiring dengan berkembangnya tantangan yang dihadapi dalam mengajar dan memahami materi geometri, model pembelajaran seperti Project Based Learning (PjBL) menjadi salah satu model pilihan. Studi literatur ini bertujuan untuk menyelidiki lebih lanjut mengenai pengaruh Project Based Learning (PjBL) pada hasil belajar materi geometri SMA kelas XII. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah studi literatur dengan mencari data dan informasi terkait Project Based Learning (PjBL) dan hasil belajar geometri SMA kelas XII. Berdasarkan data dan informasi yang diperoleh studi literatur ini menunjukkan bahwa PjBL memiliki potensi untuk secara positif memengaruhi hasil belajar materi geometri di tingkat SMA. Ditemukan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa kelas XII materi geometri sebelum dan sesudah diterapkannya model Project Based Learning (PjBL). Studi literatur ini juga mengungkapkan beberapa kendala, termasuk tantangan dalam perancangan proyek yang sesuai dan pemantauan yang efektif, serta kebutuhan akan komitmen waktu yang lebih besar dari guru.

Downloads

Published

2024-02-11

Issue

Section

Articles