STUDI LITERATUR COOPERATIVE LEARNING : PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Authors

  • Vena Ulya Maulida Universitas Negeri Semarang
  • Retno Dwi Astuti Universitas Negeri Semarang
  • Nabila Dwi Cahyani Universitas Negeri Semarang
  • Ashfi Auldika Almas Universitas Negeri Semarang
  • Bambang Eko Susilo Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Numbered Head Together, Percaya Diri, Pembelajaran Matematika.

Abstract

Latar belakang penelitian studi literatur ini adalah siswa masih panik dan grogi dalam menjawab persoalan matematika yang diberikan oleh guru. Untuk mengatasi masalah tersebut, salah satu alternatif yang dapat dilakukan guru untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa dalam pembelajaran matematika adalah dengan melibatkan siswa secara aktif selama proses pembelajaran matematika. Hal ini dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa dalam menjawab persoalan matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) terhadap kepercayaan diri siswa dalam pembelajaran matematika. Metode penelitian ini menggunakan studi literatur dengan menelaah 11 jurnal nasional dan 1 skripsi yang relevan dengan penelitian penulis. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yaitu data yang diperoleh secara tidak langsung. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara menelaah dan menganalisis jurnal dan skripsi yang berkaitan dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) dalam pembelajaran dan kepercayaan diri siswa pada pembelajaran matematika. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif. Hasil penelitian studi literatur ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) memengaruhi kepercayaan diri siswa dalam pembelajaran matematika.

Downloads

Published

2024-02-11

Issue

Section

Articles