Kemampuan Komunikasi Matematis Pembelajaran Matematika Dengan Strategi REACT Berbasis Etnomatematika

Authors

  • Rosuli Rosuli Universitas Negeri Semarang
  • YL Sukestiyarno Universitas Negeri Semarang
  • Wardono Wardono Universitas Negeri Semarang

Keywords:

REACT, Etnomatematika, Kemandirian, Keterampilan, Kemampuan Komunikasi Matematis.

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah menghasilkan perangkat pembelajaran valid, praktis, dan efektif. Pengembangkan perangkat pembelajaran pada penelitian ini mengacu pada model 4-D yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan terdiri dari silabus, RPP, buku siswa, LKS, dan Tes Kemampuan Komunikasi Matematis. Instrumen pengumpul data terdiri dari lembar validasi, lembar respon siswa, lembar kemampuan guru mengelola kelas, lembar kemandirian, keterampilan, tes kemampuan komunikasi matematis. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) perangkat pembelajaran yang dikembangkan valid; silabus (4,54), RPP (4,48), buku siswa (4,40), LKS (4,36), dan TKKM (4,28), (2) perangkat yang dikembangkan praktis; hasil angket respon siswa positip rata-rata (4,60), hasil observasi kemampuan guru mengelola kelas baik skor rata-rata (4,30), (3) perangkat pembelajaran yang dikembangkan efektif yaitu 1) hasil tes prestasi belajar rata-rata (7,67) sebanyak 92,59% mengalami ketuntasan klasikal, 2) perbedaan nilai rata-rata kelas eksperimen 7,67 lebih baik dari kelas kontrol 6,71, 3) kemandirian dan keterampilan komunikasi matematis secara statistik berpengaruh positip dan 4) Secara deskriptif adanya peningkatan kemandirian belajar siswa dan keterampilan komunikasi matematis terhadap kemampuan komunikasi matematis 5 siswa pilihan.

Downloads

Published

2024-02-11

Issue

Section

Articles