Kajian Literatur Sistematis: Problem Based Learning (PBL) Bernuansa Etnomatematika Berbantuan Quizizz terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa

Authors

  • Laili Maftukhah Universitas Negeri Semarang
  • Zaenuri Zaenuri Universitas Negeri Semarang
  • Budi Waluya Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Etnomatematika, Pemecahan Masalah, Problem Based Learning, Quizizz.

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah adalah salah satu kompetensi standar utama dari proses berpikir matematika yang harus dimiliki oleh siswa. Hasil studi PISA dan TIMSS menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa di Indonesia masih tergolong rendah. Problem Based Learning (PBL) dapat menjadi solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut. Di sisi lain, etnomatematika dan Quizizz dapat memberikan kebermaknaan dan meningkatkan rasa cinta akan budaya bagi siswa. Model pembelajaran PBL yang dipadukan dengan etnomatematika berbantuan Quizizz dapat menjadi inovasi untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh PBL bernuansa etnomatematika berbantuan Quizizz terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Metode yang digunakan adalah Systematic Literature Review. Pengumpulan data dilakukan dengan menganalisis dan menafsirkan semua artikel yang relevan pada jurnal nasional dan internasional. Fakta menunjukkan bahwa pembelajaran yang menggunakan permasalahan nyata akan meningkatkan motivasi siswa untuk menyelesaikannya. Sintaks PBL yang diintegrasikan dengan etnomatematika berbantuan Quizizz akan memberikan arti tersendiri bagi siswa dalam menyelesaikan permasalahan. Berdasarkan hasil studi literatur, didapatkan bahwa model PBL bernuansa etnomatematika berbantuan Quizizz memiliki pengaruh positif terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa.

Downloads

Published

2024-02-11

Issue

Section

Articles