Systematic Literature Review: Kemampuan Representasi Matematis pada Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education

Authors

  • Arifah Nur Hidayati Universitas Negeri Semarang
  • Mashuri Mashuri Universitas Negeri Semarang
  • Budi Waluya Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Kemampuan Representasi Matematis, Pendekatan Realistic Mathematics Education, Systematic Literature Review.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan kemampuan representasi matematis dalam pembelajaran matematika dengan pendekatan Realistic Mathematics Education. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah SLR (Systematic Literature Review). Metode SLR digunakan untuk mengidentifikasi, meninjau, mengevaluasi, dan menafsirkan semua penelitian yang tersedia dengan topik bidang minat terhadap fenomena, dengan pertanyaan penelitian spesifik yang relevan. Pengumpulan data dilakukan dengan pencarian jurnal atau artikel yang di publish pada 5 tahun terkahir dengan kata kunci “kemampuan representasi matematis” dan “pendekatan Realistic Mathematics Education”. Dalam pembelajaran matematika dengan pendekatan Realistic Mathematics Education memerlukan konteks pembelajaran yang nyata pada pandangan siswa yang berdasarkan lingkungan sekitar siswa maupun hal yang tidak di lingkungan sekitar namun dapat dijangkau oleh imajinasi siswa. Dengan mengaitkan konsep matematika dengan konteks masalah nyata siswa dapat meningkatkan kemampuan representasi matematika dengan lebih baik. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan representasi matematis menunjukkan peningkatan dalam pembelajaran matematika dengan pendekatan Realistic Mathematics Education.

Downloads

Published

2024-02-11

Issue

Section

Articles