Systematic Literature Review: Kemampuan Representasi Matematis Pada Pembelajaran Contextual Teaching and Learning

Authors

  • Yasmin Fatimah Universitas Negeri Semarang
  • Mashuri Mashuri Universitas Negeri Semarang
  • St. Budi Waluya Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Contextual Teaching and Learning, Kemampuan Representasi Matematis, Systematic Literature Review.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan kemampuan representasi matematis pada pembelajaran contextual teaching and learning. Metode penelitian yang digunakan adalah systematic literature review. Metode tersebut dilakukan dengan beberapa tahapan, yaitu planning, conducting, dan reporting. Tahapan tersebut dilakukan untuk menuntun proses secara sistematis dengan mengaplikasikan standar yang telah ditentukan. Contextual teaching and learning merupakan pembelajaran konstruktivisme di mana pembelajaran dikaitkan dengan situasi di dunia nyata, sehingga siswa didorong untuk membentuk pemahaman serta membuat hubungan antara pengetahuan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Dalam proses tersebut, siswa dituntut untuk mengomunikasikan ide dengan menggunakan simbol, gambar, dan secara verbal, yang mana hal tersebut merupakan indikator kemampuan representasi matematis. Kemampuan representasi sendiri merupakan salah satu kompetensi standar utama dari proses pembelajaran matematika yang perlu dikembangkan oleh setiap siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif penerapan contextual teaching and learning pada kemampuan representasi matematis siswa. Siswa yang belajar dengan menggunakan contextual teaching and learning sebagai pendekatan atau model menunjukkan peningkatan pada kemampuan representasi matematika.

Downloads

Published

2024-02-11

Issue

Section

Articles