Systematic Literature Review: Literasi Matematika dan Kemandirian Belajar Pada Pendekatan Matematika Realistik

Authors

  • Lailatul Nurul Afidah Universitas Negeri Semarang
  • Wardono Wardono Universitas Negeri Semarang
  • Stevanus Budi Waluya Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Kemandirian Belajar, Literasi Matematika, Pendekatan Matematika Realistik.

Abstract

Kemampuan literasi matematika sangat penting dimiliki oleh seorang siswa karena berperan dalam mengetahui fungsi matematika dalam kehidupan sehari-hari melalui perumusan, penggunaan, dan penafsiran matematika dalam berbagai konteks. Salah satu faktor yang mempengaruhi literasi matematika siswa adalah kemandirian belajar. Pendekatan Matematika Realistik (PMR) merupakan pendekatan matematika yang memanfaatkan aktivitas keseharian siswa dan melibatkan siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran. Sehingga PMR memiliki keterkaitan dengan kemampuan literasi matematika dan kemandirian belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penggunaan pendekatan PMR terhadap literasi matematika dan kemandirian belajar siswa. Metode yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah Systematic Literature Review (SLR) melalui tahapan planning, conducting, dan reporting. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan pendekatan PMR dalam proses pembelajaran mampu membantu meningkatkan kemampuan literasi matematika dan kemandirian belajar siswa.

Downloads

Published

2024-02-11

Issue

Section

Articles