Studi Literatur : Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematika dengan Pendekatan Kontruktivisme Pada Model Problem Based Learning

Authors

  • Fathinatusholihah Fathinatusholihah Pendidikan Matematika, FMIPA Universitas Negeri Semarang
  • Aulia Puspita Wibowo Universitas Negeri Semarang
  • Shaunna Purbo Sari Universitas Negeri Semarang
  • Bambang Eko Susilo Universitas Negeri Semarang

Keywords:

kontruktivisme, penalaran matematika, problem based learning, studi literatur, keefektifan.

Abstract

Pembelajaran konstruktivisme membantu siswa memahami konsep matematika dengan mendalam, mengedepankan peran aktif siswa dalam membangun pengetahuan mereka melalui eksplorasi, refleksi, dan interaksi dengan materi pelajaran. Salah satu model yang dapat menggabungkan konstruktivisme adalah pembelajaran berbasis masalah (PBL), yang mendorong siswa untuk aktif dalam menghadapi masalah nyata yang melibatkan konsep matematika, bekerja dalam kelompok, dan menggunakan penalaran matematis untuk mencari solusi. Dalam pembelajaran matematika diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengukur dampak penggabungan keduanya dalam meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa melalui penerapan pendekatan konstruktivisme dalam model pembelajaran berbasis masalah. Dengan menggunakan metode penelitian studi literatur, dapat diketahui apakah penggunaan Pendekatan Konstruktivisme pada Model Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematika siswa secara signifikan atau tidak. Hasilnya penerapan pendekatan konstruktivisme dalam model pembelajaran berbasis masalah akan meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa secara signifikan. Hasil ini akan menunjukkan keefektifan metode ini dalam meningkatkan kemampuan penalaran matematis.

Downloads

Published

2024-02-11

Issue

Section

Articles