The Programme for International Student Assessment: Tinjauan Literasi Matematika dan Implementasi Pada Pembelajaran Matematika di Indonesia

Authors

  • Beni Junedi Universitas Negeri Semarang
  • St. Budi Waluya Universitas Negeri Semarang
  • Wardono Wardono Universitas Negeri Semarang

Keywords:

(Literasi Matematika, PISA, Pembelajaran Matematika).

Abstract

Programme for international student assessment merupakan suatu studi internasional bertujuan untuk
mendorong sistem Pendidikan untuk lebih baik dengan cara saling bekerja sama yang diadakan oleh OECD
(organisasi internasional bidang kerja sama dan pembangunan ekonomi). Indonesia telah mengikuti program
ini semenjak tahun 2000 sampai 2018 yang diadakan tiga tahun sekali. PISA berisikan tentang literasi
membaca, matematika, dan sains, literasi matematika telah dikaji dan dilakukan penelitian di Indonesia. PISA
Indonesia belum memperoleh hasil yang memuaskan baik pada lietarsi matematika, sains maupun lietrasi
membaca. Literasi matematika belum memproleh skor yang memuaskan di setiap tahunnya, yang
menempatkan Indonesia masih berada di posisi rendah dibandingkan dengan beberapa negara lainnya. Lietrasi
matematika di Indonesia telah berkembang baik pada bidang Pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada
Masyarakat. Banyak penelitian yang telah mengimplementasikan literasi matematika di dalam pembelajaran
matematika. Banyak penelitian yang sudah berupaya meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa
baik dalam bentuk penelitian kualitatif deskriptif, kuantitatif eksperimen, kualitatif maupun penelitian dan
pengembangan instrument untuk mengukur PISA tersebut.

Downloads

Published

2024-02-11

Issue

Section

Articles