Studi Literatur: Efektivitas Pembelajaran Matematika Pasca Pandemi dalam Mendorong Motivasi Belajar Siswa

Authors

  • Naema Winde Maretta Universitas Negeri Semarang
  • Umniati Kamila Universitas Negeri Semarang
  • Yulia Inayatil Fajri Universitas Negeri Semarang
  • Bambang Eko Susilo Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Efektivitas pembelajaran, pasca pandemi, motivasi belajar.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya interaksi keefektifan pembelajaran matematika pasca pandemi dengan motivasi belajar peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur melalui referensi relevan. Pembelajaran pada masa pandemi yang berlangsung selama dua tahun mengakibatkan kurangnya antusias peserta didik dalam belajar, terutama pada pembelajaran matematika. Perubahan masa pandemi ke masa pasca pandemi merupakan suatu hal baik, dimana kegiatan pembelajaran bisa dilakukan secara luring. Pada implementasi pembelajaran matematika, peserta didik dan guru menyebutkan bahwa pembelajaran menjadi lebih efektif dan memuaskan setelah menerapkan pembelajaran secara luring. Maka dari itu, dengan adanya pembelajaran matematika pasca pandemi lebih efektif dalam mendorong motivasi belajar peserta didik. Sehingga kegiatan pembelajaran secara luring pasca pandemi mendorong motivasi belajar dan antusias belajar peserta didik semakin baik.

Downloads

Published

2024-02-11

Issue

Section

Articles