Systematic Literature Review: Mengurangi Tingkat Kecemasan Peserta Didik Menyelesaikan Persoalan Matematika dalam Model Pembelajaran Problem Based Learning

Authors

  • Ade Hasna Amariza Universitas Negeri Semarang
  • Nandhini Syfa’Aulia Safitri Universitas Negeri Semarang
  • Wulan Jenar Mulyaningsih Universitas Negeri Semarang
  • Bambang Eko Susilo Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Tingkat Kecemasan; Menyelesaikan Persoalan Matematika; Problem Based Learning.

Abstract

Matematika merupakan ilmu yang abstrak dimana untuk mempelajarinya tidak cukup hanya dengan menghafalkan rumus, aturan – aturan dan konsep – konsep saja, tetapi juga siswa dituntut untuk kritis, kreatif, dan terampil. Hal inilah yang membuat siswa menjadi cemas atau takut saat belajar matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk memaparkan bagaimana mengurangi tingkat kecemasan peserta didik menyelesaikan persoalan matematika dalam model pembelajaran problem based learning. Penelitian dilakukan dengan metode Systematic Literature Review (SLR) untuk artikel yang diterbitkan pada tahun 2015-2023 tentang tingkat kecemasan peserta didik menyelesaikan persoalan matematika dalam model pembelajaran problem based learning. Penelitian ini menggunakan sebanyak 23 jurnal nasional dan internasional yang berasal dari google scholar dan scopus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecemasan peserta didik disebabkan kurangnya kemampuan pemecahan masalah matematika sehingga peserta didik merasa gugup saat pembelajaran matematika. Jadi sebagai seorang pendidik atau guru, hal yang harus diperbaiki adalah menanamkan pada diri peserta didik untuk tidak takut pada pembelajaran matematika, karena sesulit apapun pembelajaran matematika bisa dimanipulasi dengan menggunakan media pembelajaran yang banyak inovasinya, bahkan ada yang berhubungan dengan games, seperti ular tangga, ludo, komet, dll.

Downloads

Published

2024-02-11

Issue

Section

Articles