Kajian Teori tentang Efektivitas Problem-Based Learning Ditinjau dari Keterampilan Pemecahan Masalah dan Kemandirian Belajar Matematis Jenjang SMP

Authors

  • Dhafa Purbaya Nurrohim Universitas Negeri Semarang
  • Fransiska Fista Mardhaniati Universitas Negeri Semarang
  • Aliya Rohani Universitas Negeri Semarang
  • Adis Cahya Apprillian Nabilah Universitas Negeri Semarang
  • Bambang Eko Susilo Universitas Negeri Semarang

Keywords:

PBL, Keefektifan PBL, Matematika, Pembelajaran Matematika.

Abstract

Kajian teori ini menyelidiki keefektivitas Problem-Based Learning (PBL) dalam konteks pendidikan matematika di jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP). Selain itu, kajian teori ini akan memaparkan konsep dan prinsip dasar Problem-Based Learning (PBL), mengidentifikasi dampak PBL terhadap keterampilan pemecahan masalah matematis di tingkat SMP, mengkaji pengaruh PBL terhadap kemandirian belajar matematis siswa SMP. Dalam kajian teori ini kami menggunakan literatur dari beberapa artikel ,yaitu diantarnya artikel penelitian dengan judul Efektivitas problem-based learning ditinjau dari keterampilan pemecahan masalah dan kemandirian belajar matematis oleh Yuli Kurniyawati , Ali Mahmudi , Endang Wahyuningrum. Artikel penelitian dengan judul Keefektifan Model Problem-Based Learning Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis oleh Nurma Angkotasan.. Dengan merangkum literatur dan teori terkait, hasil kajian teori ini diharapkan dapat memberikan wawasan berharga kepada pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran matematika di jenjang ini melalui pendekatan PBL yang efektif.

Downloads

Published

2024-02-11

Issue

Section

Articles