Pengaruh Tipe Kepribadian Mahasiswa Terhadap Model Pembelajaran Kooperatif dalam Mata Kuliah Dasar dan Pembelajaran Matematika

Authors

  • Wanda Almira Mahendra Kencana Universitas Negeri Semarang
  • Gahita Alifah Hasna Universitas Negeri Semarang
  • Ziva Fitria Arfiyuana Universitas Negeri Semarang
  • Bambang Eko Susilo Universitas Negeri Semarang

Keywords:

kepribadian, kooperatif, kuesioner, korelasi.

Abstract

Tipe kepribadian merupakan suatu sifat yang dimiliki oleh setiap mahasiswa.Tipe kepribadian akan memberikan pengaruh terhadap pemahaman mahasiswa dalam matakuliah dasar dan proses pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif. Kepribadian mahasiswa dapat menjadi salah satu faktor yang berpengaruh dalam ke efektivitas pembelajaran, terutama dalam konteks model kooperatif yang mendorong interaksi sosial dan kerja sama. Penelitian ini melibatkan survei data dari sejumlah mahasiswa yang terlibat dalam model pembelajaran kooperatif. Dalam hal ini kepribadian mahasiswa dievaluasi, sementara data pembelajaran kooperatif dikumpulkan melalui kuesioner. Metode kuantitatif dan kajian literatur digunakan untuk menganalisis korelasi antara kepribadian mahasiswa dan hasil pembelajaran dalam konteks model kooperatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bagaimana kepribadian mahasiswa tidak mempengaruhi pengalaman pembelajaran mereka dalam model pembelajaran kooperatif. Namun sebagian besar menganggap pembelajaran kooperatif kurang efektif untuk mahasiswa ekstrovert maupun introvert.

Downloads

Published

2024-02-11

Issue

Section

Articles