Mengkaji Masalah Pembelajaran Siswa dalam Menyelesaikan Konsep dan Solusi Aljabar

Authors

  • Era Hervilia Jurusan Matematika FMIPA, Universitas Sebelas Maret
  • Sri Subanti Jurusan Matematika FMIPA, Universitas Sebelas Maret
  • Ikrar Pramudya Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sebelas Maret

Keywords:

Masalah Pembelajaran, Aljabar, Solusi Alternatif.

Abstract

Pemecahan masalah dapat dipahami sebagai suatu proses kesulitan dimana siswa mengenal fakta, konsep, operasi, dan prinsip, lalu mengaplikasikan pengetahuan tersebut untuk menyelesaikan masalah dalam situasi nyata. Rata-rata prestasi siswa kelas VII D SMP Negeri 1 Saradan, Madiun, Jawa Timur dalam keterampilan aljabar pada tahun 2022, proses kesulitan penalaran kompetensi lebih rendah daripada kompetensi pengetahuan dan penerapan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses kesulitan siswa dalam menyelesaikan masalah aljabar yang terkait dengan operasi hitung. Penelitian ini dilakukan secara kualitatif menggunakan satu siswa kategori tinggi untuk mencapai saturasi data. Instrumen pendukung adalah jawaban siswa dan hasil wawancara yang terkait dengan operasi hitung aljabar. Hasil yang diperoleh adalah sebagai berikut: (1) siswa menghadapi kesulitan dalam materi aljabar karena kurangnya pemahaman konseptual tentang elemen-elemen aljabar seperti variabel, konstanta, koefisien, dan operasi aljabar (penjumlahan, pengurangan, perkalian, bilangan positif dan negatif), (2) siswa kurang aktif dalam kelas karena mereka tidak memahami materi yang disampaikan oleh guru, dan (3) siswa enggan untuk bertanya, tetapi jika guru menginisiasi pertanyaan, terkadang siswa tidak dapat menjawabnya. Sebagai solusi alternatif, guru dapat membentuk beberapa kelompok, memanfaatkan teknologi, dan memberikan motivasi dari faktor internal dan eksternal. Penelitian ini menyimpulkan bahwa proses kesulitan siswa dalam menyelesaikan masalah aljabar yang terkait dengan operasi hitung dalam kategori tinggi memiliki ukuran standar untuk pembelajaran. Kecerdasan siswa berdampak saat menyelesaikan masalah matematika. Penelitian ini dapat membantu memperkaya pemahaman tentang proses kesulitan siswa dan berkontribusi pada pengembangan strategi pembelajaran matematika dan kurikulum yang lebih baik.

Downloads

Published

2024-02-11

Issue

Section

Articles